KUMPULAN TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELOMPOK 8

Popular Post

Posted by : matematikaunm8.blogspot.com Rabu, 05 Maret 2014



Perbedaan Tes Dan Non Tes
No.
Tes
No.
Non tes
1.



2.

3.
Mengukur pengetahuan (kognitif), selain itu mencakup aspek afektif dan psikomotorik

Kuantitatif

Kemungkinan jawaban adalah benar atau salah
1.

2.

3.
Menilai sikap dan keperibadian (afektif)

Kualitatif

Jawaban kurang pasti misal: sangat setuju, setuju, kadang-kadang, tidak setuju, sangat tidak setuju

Klasifikasi Tes
1.        Berdasarkan fungsinya
a)      Tes seleksi
Tes yang dilaksanakan sebelum tes awal, yang berupa seleksi
b)      Tes awal/pre-tes
Tujuannya:
-       Untuk mengetahui kemampuan awal siswa / testec sejauh mana materi prasyarat dan materi yang akan diajarkan telah dikuasai
-          Untuk menguji kehomogenan dua atau lebih kelas/grup
Kelas/grup dibagi menjadi 2 yaitu:
1)      kelas/grup eksperimen dengan “perlakuan khusus” menggunakan metode ajar koperatif.
2)      kelas/grup kontrol tanpa “perlakuan khusus” menggunakan metode ajar konvensional
c)      Tes akhir/post-tes
Tes yang dilaksanakan diakhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang dijarkan
d)     Tes diagnostik
Tes yang dilaksanakan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa
e)      Tes formatif
Tes yang dilaksanakan pada akhir suatu program pembelajaran dalam kurun waktu tertentu, misal: ulangan harian
f)       Tes sumatif
Tes yang dilaksanakan setelah seluruh program pembelajaran selesai. Misal: UN, UAS, dll

2.        Berdasarkan respon yang diharapkan
a.       Tes verbal (berupa kata-kata)
b.      Tes non verbal ( berupa tindakan atau perbuatan)

3.        Berdasarkan bentuk pertanyaan yang diberikan
a.       Tes objektif
-          Tes pilihan ganda
-          Tes menjodohkan
-          Tes benar salah
-          Tes jawaban singkat
b.      Tes surjektif
-          Tes uraian

Jenis-Jenis Teknik Non Tes
1.        Wawancara
Wawancara adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilasanakan dengan melakukan tanya jawab lisan secara sepihak. Alat yang digunakan adalah pedoman wawancara yang mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan
2.        Observasi
Observasi adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang sedang dijadikan sasaran pengamatan. Alat yang digunakan berupa lembar observasi yang disusun dalam bentuk check list atau skala penilaian.
3.        Kuisioner/angket
Angket adalah wawancara yang dilakukan secara tertulis. Angket dapat digunakan sebagai alat penilaian hasil belajar. Angket dapat diberikan langsung kepada peserta didik, dapat pula diberikan kepada orang tua mereka.
4.        Skala penilaian
Skala adalah alat untuk mengukur nilai, sikap, minat, perhatian, dan lain-lain yang disusun dalam bentuk pernyataan untuk dinilai oleh responden dan hasilnya dalam bentuk rentangan nilai sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
5.        Daftar cek
Daftar cek adalah sebuah daftar yang memuat sejumlah pernyataan singkat, tertulis tentang berbagai gejala yang dimaksudkan sebagai penolong pencatatan ada tidaknya sesuatu gejala dengan cara memberi tanda cek (V) pada setiao emunculan gejala yang dimaksud. Daftar cek bertujuan untuk mengetahui apakah gejala yang berupa pernyataan yang tercantum dalam daftar cek ada atau tidak ada pada seorang individu atau kelompok (Ign. Masidjo, 1995).
6.        Seleksi berkas
7.        Daftar cocok
Daftar cocok adalah sebuah daftar yang berisikan pernyataan beserta dengan kolom pilihan jawaban. Si penjawab diminta untuk memberikan tanda silang (X) atau cek (√) pada awaban yang ia anggap sesuai.
8.        Daftar riwayat hidup
Dokumentasi merupakan teknik evaluasi yang menekankan pada aspek data tertulis atau dokumen yang berkaitan erat dengan informasi tentang siswa. Data dokumentasi ini termasuk riwayat hidup (curriculum vitae) peserta didik.
9.        Portofolio
Laporan lengkap tentang kegiatan yang dilakukan siswa dalam kurun waktu tertentu
10.    Proyek
Penilaian yang mencakup perencanaan, penyelidikan, analisis proyek/kegiatan
11.    Fokus diskusi kelompok (FGD/focus grup discussion)
Teknik pengambilan data melalui hasil diskusi kelompok yang tyerdiri dari 5-8 orang yang umumnya dipandu atau dipimpin oleh pengumpul data

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Evaluasi Pembelajaran Matematika - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -